PENGARUH RETURN ON EQUITY, DEBT TO EQUITY RATIO, PRICE EARNING RATIO, DAN EARNING PRICE SHARE TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif & Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

I Dewa Made Arya Sanjaya

Abstract


Harga saham merupakan ukuran indeks prestasi emiten. Harga saham berperan penting bagi perusahaan manufaktur yang go public terutama dalam sektor otomotif dan komponen karena harga saham dapat mencerminkan kinerja dari perusahaan. Untuk mengukur kinerja perusahaan dapat digunakan beberapa rasio keuangan diantaranya menggunakan ROE, DER, PER, dan EPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ROE, DER, PER, dan EPS berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap harga saham. Objek penelitian ini adalah di perusahaan manufaktur sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dipilihnya industri otomotif & komponen sebagai obyek penelitian adalah adanya pangsa pasar industri otomotif & komponen di Indonesia tengah mengalami pertumbuhan.

Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory reasarch, Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 12 perusahaan. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling dengan kriteria yaitu, perusahaan manufaktur sektor otomotif & komponen yang listing di BEI, mempublikasikan laporan keuangan, dan memiliki laba positif. Berdasarkan kriteria penelitian ini dapat diambil sampel sebanyak 9 perusahaan. Untuk menganalisi data penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Sedangkan untuk melakukan uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji  dan

Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa variabel DER berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham yaitu dengan nilai signifikansi sebesar 0.029. Sedangkan variabel ROE, PER, dan EPS berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0.032, 0,010, dan 0,014. Variabel yang paling berpengaruh terhadap harga saham yaitu variabel EPS dengan standardized coefficients beta sebesar 0.353.

 

Kata Kunci: Harga Saham, Return on Equity, Debt to Equity Ratio, Price Earning Ratio, Earning Price Share

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.