PEMANFAATAN SUKUK UNTUK ALTERNATIF PEMBIAYAAN DAN INVESTASI DAERAH (Studi pada Kabupaten Malang)

Danny Santosa Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan Kabupaten Malang dalam melakukan pinjaman dan proyeksi pinjaman yang dapat dilakukan dalam bentuk obligasi syariah; dan (2) mensimulasi strategi-strategi untuk menerbitkan sukuk (obligasi syariah) sebagai alternatif pembiayaan daerah di Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, survey, dokumentasi dan observasi.

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  Kabupaten  Malang mampu dalam melakukan pinjaman baik jangka pendek maupun jangka panjang yang dicerminkan melalui indikator Debt Service Coverage Rasio (DSCR) selama 3 (tiga) tahun terakhir (2014-2016) sebagai berikut: 48,40; 73,48; dan 15,04. Sedangkan proyeksi pinjaman untuk Kabupaten Malang dihitung menggunakan regresi linier sederhana. Proyeksi pinjaman Kabupaten Malang secara berturut- turut, yaitu 1.217 miliar rupiah (2017), 1.331 miliar rupiah (2018), 1.445 miliar rupiah (2019), 1.559 miliar rupiah (2020) dan 1.673 miliar rupiah (2021).

Berdasarkan hasil analisis strategi dengan metode QSPM dihasilkan beberapa alternatif strategi untuk penerbitan sukuk daerah yang dapat dijalankan Kabupaten Malang. Pada tahap input stage dengan matriks IFE dan EFE, ditunjukkan bahwa Kabupaten Malang mempunyai posisi internal yang kuat dan posisi eksternal yang cukup tinggi. Kemudian dengan matching stage, hasil pemetaan matrik IE menempatkan Kabupaten Malang pada sel IV, yang digambarkan sebagai grow and build, dengan rekomendasi strategi intensif dan integratif. Disisi lain dalam tahapan matching stage dengan matriks SWOT diperoleh beberapa alternatif strategi (SO, WO, ST dan WT) yang pada dasarnya merupakan diferensial dari strategi intensif dan integratif. Pada tahapan terakhir, decision stage dengan QSPM menunjukkan bahwa prioritas strategi utama yang dapat dijalankan Kabupaten Malang adalah strategi intensif.

Kata Kunci: Sukuk, Debt Service Coverage Rasio, regresi linier, IFE, EFE, IE, SWOT, Quantitative Strategies Planning Matrix (QSPM).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.