ANALISIS PENGARUH PERT UMBUHAN EKONOMI, EKSPOR NET T O, UPAH, DAN INFRAST RUKT UR T ERHADAP PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA T AHUN 2011-2015

MUHAMMAD Fakhri Ihsan

Abstract


Pelaksanaan pembangunan memerlukan sumber dana cukup tinggi, hanya saja  sumber dana  yang  tersedia  pada  suatu  wilayah  tidak mencukupi  untuk melaksanakan proses pembangunan ekonomi. Untuk itu suatu daerah membutuhkan sumber dana lain yaitu investasi. Investasi dapat tersedia pada suatu daerah tertentu apabila para investor merasa aman dalam menanamkan investasi dan memberikan dananya. Investasi sendiri adalah sejumlah pengeluaran yang ditujukan untuk mendapatkan barang-barang modal dan peralatan-peralatan produksi yang dibutuhkan untuk menambah dan mengganti barang-barang modal untuk memaksimalkan produksi pada suatu daerah. Investasi terbagi menjadi dua yaitu investasi dalam bentuk portofolio maupun investasi langsung dari luar negeri (Foreign Direct Investment).

Hasil  penelitian   menunjukkan   bahwa   pertumbuhan   ekonomi  terhadap investasi asing langsung memiliki hasil tidak berpengaruh. Pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh yang postif dan tidak signifikan terhadap penanaman modal asing di Indonesia. Ekspor neto terhadap investasi asing langsung memiliki hasil yang tidak berpengaruh. Ekspor netomemiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap penanaman modal asing di Indonesa. Upah Minimum Regional (UMR) terhadap penanaman modal asing di Indonesia memiliki hasil yang berpengaruh signifikan negative. Infrastruktur terhadap penanaman modal asing di Indonesia memiliki hasil yang berpengaruh. Infrastruktur memiliki hubungan yang positif terhadap penanaman modal asing di Indonesia dan sudah sesuai teori yang ada bahwa apabila infrastruktur yang memadai maka akan meningkatkan investasi langsung di suatu daerah karena tidak akan menambah biaya produksi yang ada.

Kata kunci : pertumbuhan ekonomi, ekspor netto, upah, infrastruktur, penanaman modal asing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.