PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN UNIT SIMPAN PINJAM KOPERASI WANITA SERBA USAHA SETIA BUDI WANITA JAWA TIMUR BERDASARKAN PERATURAN MENTERI NOMOR : 14/Per/M.KUKM/XII/2009

Tasya Nindya Ariesta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kesehatan Unit  Simpan  Pinjam  Koperasi  WanitaSerba Usaha  Setia  Budi  Wanita  Jawa  Timur periode 2014-2016. Alat penelitian yang digunakan adalah Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor : 14/Per/M.KUKM/XII/2009 yang ditinjau dari tujuh aspek.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis dilakukan dengan cara perhitungan rasio-rasio keuangan, kecuali pada aspek manajemen didasarkan pada hasil jawaban atas pertanyaan komponen manajemen yang telah ditentukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesehatan Unit Simpan Pinjam Koperasi Wanita Serba Usaha Setia Budi Wanita Jawa Timur selama periode 2014-2016 mendapat predikat “CUKUP SEHAT”. Dari ketujuh aspek, aspek jatidiri koperasi merupakan aspek yang paling baik karena mendapat skor maksimal pada setiap rasionya. Sedangkan aspek paling buruk adalah aspek likuiditas.

Kata  Kunci  :  Kinerja  Koperasi,  Penilaian  Kesehatan  Koperasi, Peraturan  Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor : 14/Per/M.KUKM/XII/2009


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.