EVALUASI KINERJA KEUANGAN PADA PT. DARYA VARIA LABORATORIA TBK DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS DU PONT

Helena Novitasari Tampubolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan penilaian kinerja keuangan pada PT. Darya Varia Laboratoria Tbk dengan menggunakan Analisis Du Pont tahun 2014-2016, serta untuk merumuskan kebijakan, program, serta tindakan yang perlu dilakukan PT. Darya Varia Laboratoria Tbk dalam mengatasi permasalahan yang ada.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode Time Series Analysis. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan analisis rasio keuangan Du Pont yang bersifat menyeluruh. Analisis ini menghitung ROE   yang dipecah menjadi beberapa rasio sehingga diperoleh informasi yang lebih rinci untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai ROE mengalami kenaikan pada tahun 2014-2016, yang mengindikasikan bahwa kinerja keuangan PT. Darya Varia Laboratoria Tbk mengalami peningkatan kinerja yang baik. Hal ini dipengaruhi oleh,  nilai TATO,  NPM,  ROI,  dan EM yang  meningkat.  Kinerja perusahaan atas perolehan ROE harus ditingkatkan lagi di masa yang akan datang, karena masih berada di bawah rata-rata industri farmasi di Indonesia.

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan, Analisis Du Pont


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.