PERHITUNGAN HARGA PRODUKSI DENGAN METODE JOB ORDER COSTING (Studi kasus pada Home Industry Kerajinan Berbahan Dasar Kain Perca “Pelangi Nusantara” di Kab. Malang)

Hafish Assalam

Abstract


Pelangi Nusantara adalah Home Industry dalam bidang kerajinan berbahan dasar kain perca yang bersifat sociopreneur  dimana dalam menjalankan bisnisnya Pelangi Nusantara juga bertujuan untuk memberdayakan kaum perempuan. Penentuan harga jual dalam Home Industry  Kerajinan Berbahan Dasar Kain Perca “Pelangi Nusantara” sudah menjadikan perhitungan harga pokok produksi (HPP) sebagai dasar namun perhitungan HPP yang telah dilakukan perusahan masih belum memasukan keseluruhan komponen-komponen biaya, sehingga perhitungan HPP cenderung lebih kecil dengan realisasi biaya yang dikeluarkan, terutama untuk biaya overhead pabrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan perhitungan HPP pesanan tas totebag aplikasi batik menurut perusahan dan perhitungan HPP dengan metode job order costing.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus Sumber data menggunakan data primer dan sekunder sedangkan jenis datanya adalah data kuantitatif dan kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi.Tekhnik analisis data yang digunakan adalah perhitungan HPP dengan metode Job order costing.

Berdasarkan hasil penelitian, perhitungan HPP menurut perusahaan sebesar Rp 22.860,00 dan berdasarkan metode job order costing sebesar Rp 27.977,28 sehingga terdapat selisih sebesar  Rp 5.117,28. Sedangkan untuk harga jual menurut perusahan sebesar Rp 30.000,00 dan harga jual berdasarkan metode job order costing sebesar Rp 36.370,46 sehingga terdapat selisih sebesar   Rp 6.370,46. Perbedaan perhitungan HPP dan harga jual menurut perusahaan yang lebih rendah ini dikarenakan perusahaan belum memasukan keseluruhan komponen biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

Kata kunci : Harga Pokok Produksi, Job order costing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.