Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Produksi CV. Anugerah Tani Makmur)

Rifki Rahman Arif

Abstract


Keselamatan kerja merupakan usaha tindakan pengamanan proses produksi, menjamin agar setiap orang yang berada ditempat kerja senantiasa dalam kondisi aman. Keselamatan kerja dapat membantu peningkatan produksi  Masalah keselamatan kerja merupakan suatu hal yang penting, karenanya dengan lingkungan kerja yang aman, tenang dan tentram maka orang yang bekerja akan bersemangat dan dapat bekerja secara baik sehingga hasil kerjanya memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap kinerja karyawan pada karyawan bagian produksi CV. Anugerah Tani Makmur. 

Dalam penelitian ini terapat dua variabel bebas yaitu keselamatan kerja (X1) dan kesehatan kerja (X2) serta variabel terikat yaitu kinerja karyawan (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara dan penyebaran kuesioner. Dalam penelitian ini teknik untuk menguji data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Teknik anaisis data menggunakan analisis linier berganda. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan perhitungan skala likert. Lokasi penelitian berada di CV. Anugerah Tani Makmur, sampel dalam penelitian ini yaitu karyawan bagian produksi dalam keseluruhan sebanyak 60 orang karyawan produksi. Semua data dan hasil dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 20 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat diketahui Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan CV. Anugerah Tani Makmur. Hal ini bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sangat menentukan dalam peningkatan kinerja karyawan CV. Anugerah Tani Makmur. Artinya CV. Anugerah Tani Makmur harus memberikan perhatian terhadap karyawan bagian produksi, sehingga karyawan terhindar dari kecelakaan saat melakukan pekerjaannya.

Kata kunci: Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, dan Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.