Pengaruh Reference Group, Brand Equity, dan Perceived Price Terhadap Keputusan Pembelian Tahu Takwa Di Kediri

Agus Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reference group, brand equity, dan perceived price terhadap keputusan pembelian tahu takwa di Kediri baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 102 responden yang diambil dari populasi konsumen tahu takwa di Kediri. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling karakteristik sampel yang dipilih yaitu, minimal 17 tahun, sudah pernah melakukan pembelian tahu takwa di Kediri. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan uji F. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS 21. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa reference group, brand equity, dan perceived price mempunyai model yang sesuai untuk mengukur keputusan pembelian tahu takwa di Kediri. Secara parsial variabel reference group mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tahu takwa di Kediri. Sementara itu, variabel brand equity tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian tahu takwa di Kediri. Variabel perceived price mempunyai pengaruh signifikan dan dominan terhadap keputusan pembelian tahu takwa di Kediri.

 

KATA KUNCI : Reference Group, Brand Equity, Perceived Price.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.