Pengaruh Pengalaman Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dosen (Studi Kasus Pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya)

Dhion Saputra

Abstract


Berdasarkan perkembangan yang begitu dinamis saat ini, kinerja dosen sangatlah berpengaruh dalam sebuah lembaga pendidikan. Selain itu kepuasan dalam mengajar pun dibutuhkan juga agar dalam menjalin kedekatan antar mahasiswa maupun rekan sejawat dapat terjalin dengan harmonis dan bersinergi, begitu juga dengan pengalaman kerja sangatlah berpengaruh dalam melakukan aktifitas kinerja dosen diantaranya mengajar, mengabdi, dan meneliti.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengalaman kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja Dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal diantara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa yang telah dirumuskan. Sampel penelitian ini adalah 54 responden yang merupakan Dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuisioner, studi perpustakaan dan browsing.

Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan uji T. Untuk mendapatkan koefisien beta dan mengetahui pengaruh antar variabel, analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Pengujian hipotesis meyimpulkan bahwa kedua variabel bebas yang terdiri atas pengalaman kerja dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja Dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.

 

 Kata Kunci: pengalaman kerja, kepuasan kerja, kinerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.