PENGARUH PRINSIP TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA APLIKASI GO-JEK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Pengguna Gojek Di Kota Malang)

Izmi Hanif Firladi

Abstract


Perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi khususnya pada sistem aplikasi dan sosial media telah melahirkan berbagai industri  kreatif baru salah satunya adalah di bidang jasa transportasi. Penggunaan aplikasi Aplikasi Go-Jek yang di kembangkan oleh Go-Jek indonesia di dasarkan pada teory Technology Acceptance Model (TAM) yang di perkenalkan oleh davis pada tahun 1989. TAM menunjukkan kegunaan dan kemudahan penggunaan akan mempengaruhi niat individu dalam menggunakan tekhnologi informasi.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh prinsip
Technology Acceptance Model (TAM) pada aplikasi Go-Jek terhadap  kepuasan pelanggan (studi pada pengguna Go-Jek di kota malang).

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini berupa data primer yaitu sumber data berupa benda, hal atau orang dimana peneliti mengamati, membaca dan bertanya tentang data yang nantinya akan di gunakan sebagai sumber data. Metode yang digunakan yaitu metode analisis regresi linier berganda yang berbasis Ordinary Least Square (OLS) dan uji hipotesis menggunakan SPSS.

Hasil penelitian yang di peroleh berdasakan uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi linier berganda layak untuk di lakukan penelitian. Sedangkan untuk uji hipotesis menunjukkan bahwa reability (keandalan), flexibility (keluesan), security (keamanan), easy to use (kemudahan penggunaan), privacy (pribadi), dan accesbility (aksebilitas) terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Go-Jek di kota malang. Selain itu di peroleh nilai R square sebesar 0,707 atau 70,7% yang berarti variabel bebas ((reability (keandalan), flexibility (keluesan), security (keamanan), easy to use (kemudahan penggunaan), privacy (pribadi), dan accesbility (aksebilitas)) memberikan hampir semua informasi yang dibutuhkan untuk memprediksi variasi variabel terikat (kepuasan pelanggan). Sedangkan sisanya sebesar 29,3% dapat di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model misalnya model tekhnologi lainnya, prinsip obektifitas, dll.

Kata kunci:Prinsip Technology Acceptance Model (TAM) dan Kepuasan
Pelanggan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.