PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KINERJA PEGAWAI STUDI PADA PDAM TIRTA KERTA RAHARJA KOTA TANGERANG

Yasser Noer Ibnu Hidayatullah

Abstract


Lingkungan kerja merupakan lingkungan yang diperlukan karyawan untuk bekerja di dalam organisasi dimana lingkungan tersebut memiliki dampak terhadap kemampuan karyawan dalam melaksanakan tugas dan wewenang yang dibebankan kepadanya. Lingkungan kerja yang kondusif dapat meningkatkan kinerja karyawan dan sebaliknya lingkungan kerja yang kurang kondusif dapat menghasilkan kinerja yang baik. Peran pemimpin merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kinerja pegawai. Salah satu model kepemimpinan yang saat ini cocok diterapkan di organisasi atau perusahaan di Indonesia adalah servant leadership karena karekteristik pemimpinnya mampu untuk membangun semangat kerja pegawai untuk bekerja lebih baik. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan servant leadership terhadap kinerja secara simultan dan parsial maka peneliti melakukan penelitian pada pegawai PDAM Tirta Kerta Raharja Tangerang. 

Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah descriptive research ditujukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenoma-fenoma yang ada, baik fenomena yang bersifat alamiah ataupun rakayasa manusia. Lokasi penelitian ini adalah kantor PDAM Tirta Kerta Raharja Tangerang yang beralamat di Jalan Kisamaun No.204, Kota Tangerang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Untuk pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah penyebaran kuisioner dengan sampel 80 karyawan tetap. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji regresi berganda dengan menggunakan program SPSS for Windows sebagai alat pengolah data. Dari hasil pengujian ini ditemukan bahwa lingkungan kerja, baik itu fisik dan non fisik memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 57,9% sedangkan servant leadership memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 42,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji hipotesis secara simultan membuktikan terdapat pengaruh signifikan dari variabel lingkungan kerja dan servant leadership terhadap kinerja pegawai. Sementara untuk uji secara parsial, lingkungan kerja dan servant leadership masing-masing memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan secara signifikan.

Kata Kunci : Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, Kinerja
Karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.