Brand Image Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention (Studi Produk Maybelline di Universitas Brawijaya)

Dita Ayu Elsanti

Abstract


Pertumbuhan industri kosmetik yang begitu pesat menuntut perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Penggunaan celebrity endorser dalam iklan merupakan salah satu cara perusahaan mempromosikan produknya. Pemilihan celebrity endorser yang tepat diharapkan dapat menimbulkan purchase intention. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta menjelaskan keterkaitan hubungan antara brand image sebagai mediasi pengaruh celebrity endorserterhadap purchase intention produk maybelline di Universitas Brawijaya. Jenis Penelitian yang digunakan merupakan explanatory research. Penelitian ini menggunakan 150 sampel dengan metode nonprobability sampling denganteknik purposive sampling. Analisa data dalam pengujian instrumen penelitian dengan menggunakan software smartPLS versi 3.0 melalui tahapan analisis outer model, inner modeldan pengujian hipotesis (uji-t). Pengujian hipotesis secara langsung menggunakan (uji-t) sedangkan untuk pengujian tidak langsung menggunakan perhitungan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, terdapat juga pengaruh secara signifikan celebrity endorser terhadap brand image.

Penelitian juga menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara signifikan brand image terhadap purchase intention serta celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap purchase intentionyang dimediasi oleh
brand image produk maybelline di Universitas Brawijaya.

Kata kunci: celebrity endorser, brand image, dan purchase intention


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.