PENGARUH CONSUMER PERSONALITY, BRAND PERSONALITY, DAN CORPORATE PERSONALITY TERHADAP BRAND PREFERENCE (Studi Pada Konsumen Mobil Merek Toyota Avanza di Kota Malang)

Dawam Anwar Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian konsumen, kepribadian merek, dan kepribadian perusahaan terhadap pilihan merek oleh konsumen mobil merek Toyota Avanza di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel – variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dari populasi konsumen mobil merek Toyota Avanza di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik sampel yaitu responden yang pernah membeli atau telah memiliki mobil merek Toyota Avanza minimal selama satu tahun, berusia minimal 17 tahun, dan telah menetap di Kota Malang lebih dari satu tahun. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji f dan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian konsumen, kepribadian merek dan kepribadian perusahaan secara bersama - sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pilihan merek. Variabel kepribadian konsumen dan kepribadian merek secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel pilihan merek, sedangkan variabel kepribadian perusahaan tidak. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kepribadian merek merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel pilihan merek.

 

Kata kunci       : Kepribadian konsumen, Kepribadian merek, Kepribadian perusahaan, Pilihan merek


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.