ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN SOFTWARE AKUNTANSI DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi Kasus pada UMKM di Kota Malang)

Nuraida Wahyu Ratnasari

Abstract


Penelitian ini menguji faktor faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan sebuah sistem informasi, dalam hal ini software akuntansi dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM). Faktor tersebut diantaranya persepsi sikap, norma subjektif, kemudahan penggunaan, kegunaan. Alat yang digunakan untuk menganalisis hubungan variabel dalam penelitian ini adalah  Partial Least Square (PLS). Penelitian ini menggunakan metode survey dengan responden sebanyak 86 UMKM di kota Malang yang sehari – hari menggunakan software akuntansi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat individu dalam menggunakan software akuntansi dipengaruhi oleh persepsi sikap, persepsi norma subjektif, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kegunaan. 

Kata Kunci: Persepsi sikap, persepsi norma subyektif, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, Technology Acceptance Model (TAM), Partial Least Square (PLS).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.