PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, KONTROL PERILAKU PERSEPSIAN, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT KEPATUHAN PAJAK PENGUSAHA UMKM DI KOTA MALANG
Abstract
Kondisi kepatuhan pajak di kota Malang masih belum mencapai target, hanya <10% target yang tercapai. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti menguji pengaruh sikap, norma subyektif, kontrol perilaku persepsian, dan motivasi terhadap minat kepatuhan pajak pengusaha UMKM di kota Malang. Penelitian ini merupakan explanatory research. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 830 UMKM yang bergerak di bidang makanan dengan mengambil sampel sebanyak 89 dengan menggunakan teori Slovin dengan taraf kesalahan 10%. Penentuan sampel dilakukan dengan jenis non probability sampling dan metode pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan likert scale dan semantic diferential scale. Data yang diperoleh di analisis dengan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS 2.0.M3. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku persepsian terhadap minat kepatuhan pajak. Namun motivasi tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap minat kepatuhan pajak. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, maka hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi Direktorat Jendral Pajak dalam membuat kebijaksanaan dalam menghadapi dan memahami minat pengusaha UMKM dalam kepatuhan pajak.
Kata kunci : sikap, norma subyektif, kontrol perilaku persepsian, motivasi,minat kepatuhan pajak, UMKM
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.