ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI AKTIVITAS AGRIKULTUR DAN PENYAJIAN DI LAPORAN KEUANGAN PT. KUSUMA SATRIA DINASASRI KUSUMAJAYA

Dwiki Alditamas

Abstract


Perusahaan yang bergerak di bidang agrikultur memiliki keunikan di dalam memperlakukan aset biologis. Aset biologis mengalami transformasi biologis yang dapat menyebabkan perubahan secara kualitatif dan kuantitatif. Manajemen transformasi biologis dan panen aset biologis oleh entitas untuk dijual atau dikonversi menjadi produk agrikultur disebut aktivitas agrikultur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi aktivitas agrikultur di PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya. Perlakuan akuntansi meliputi pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan aktivitas agrikultur di laporan keuangan perusahaan. Biaya yang dikeluarkan dalam aktivitas agrikultur meliputi biaya pemakaian bibit, penanaman bibit, sampai tanaman menghasilkan buah dan buahnya menjadi persediaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.

Hasil analisis antara perlakuan akuntansi di perusahaan dengan pedoman dan standar akuntansi yang ada menunjukan  bahwa secara umum perlakuan biaya yang berkaitan dengan aktivitas agrikultur di PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya sudah sesuai dengan pedoman dan standar yang berlaku di Indonesia. Ada dua transaksi yang belum sesuai dengan pedoman dan standar yang ada yaitu perlakuan tanaman jambu yang mati dan depresiasi tanaman menghasilkan. Tanaman jambu yang mati tidak dicatat oleh perusahaan. Seharusnya perusahaan mengakui tanaman jambu yang mati sebagai kerugian dan mengurangi nilai aset biologis. Depresiasi tanaman menghasilkan seharusnya menambah nilai perolehan persediaan, tetapi perusahaan hanya memperlakukan sebagai beban depresiasi.

Kata Kunci: aktivitas agrikultur, aset biologis, perlakuan akuntansi, laporan keuangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.