MODEL KEPERCAYAAN INDIVIDU : STUDI EMPIRIS PERILAKU TRANSAKSI BERBASIS ONLINE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kepercayaan melakukan transaksi berbasis online. Penelitian ini menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikemukakan oleh Davis pada tahun 1989 dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini menggunakan metode survei untuk memperoleh data. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan jumlah sampel yang dapat diolah sebanyak 217 responden. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk menguji data penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa konstruk antara lain pengetahuan individu, persepsi keamanan, dan persepsi privasi berpengaruh positif terhadap persepsi kepercayaan melakukan transaksi berbasis online, sedangkan sikap individu berpengaruh negatif persepsi kepercayaan melakukan transaksi berbasis online.
Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), transaksi online, pengetahuan, persepsi keamanan, persepsi privasi, sikap individu, persepsi kepercayaan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.