MODEL KEPERCAYAAN INDIVIDU : STUDI EMPIRIS PERILAKU TRANSAKSI BERBASIS ONLINE

Ra. Ratih Triretno Hapsari

Abstract


Penelitian   ini   bertujuan   untuk   menguji   faktor-faktor   yang   mempengaruhi   persepsi kepercayaan melakukan transaksi berbasis online. Penelitian ini menggunakan model Technology  Acceptance  Model (TAM)  yang  dikemukakan  oleh  Davis  pada  tahun  1989 dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini menggunakan metode survei untuk memperoleh data. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan jumlah sampel yang dapat diolah sebanyak 217 responden. Penelitian ini menggunakan  Partial Least Square (PLS) untuk menguji   data   penelitian.   Hasil   penelitian   menyatakan   bahwa  konstruk   antara   lain pengetahuan individu, persepsi keamanan, dan persepsi privasi berpengaruh positif terhadap persepsi kepercayaan melakukan transaksi berbasis online, sedangkan sikap individu berpengaruh negatif persepsi kepercayaan melakukan transaksi berbasis online.

Kata Kunci:    Technology Acceptance Model (TAM), transaksi online, pengetahuan, persepsi keamanan, persepsi privasi, sikap individu, persepsi kepercayaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.