ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DI PABRIK PENGOLAHAN KELAPA SAWIT PT. BIMA PALMA NUGRAHA

Burhanudin Al Ghozali

Abstract


Dalam pengambilan keputusan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan terhadap kualitas CPO (Crude Palm Oil), PT. Bima Palma Nugraha memerlukan penganalisaan secara statistik menggunakan peta pengendalian I-MR (Individual Moving Range) dan diagram sebab-akibat untuk mencari akar penyebab dari suatu masalah sebagai dasar dari proses pemecahan masalah.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan secara sistematis yakni mencari informasi dan pengetahuan dari berbagai media (bibliografi) dan juga dari para stakeholders. Disamping itu penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif  yang merupakan sebuah studi untuk mengadakan perbaikan terhadap suatu keadaan terdahulu dengan menggunakan parameter ALB (Asam Lemak Bebas) dan kadar air produksi selama periode bulan Januari sampai dengan Juni 2016.

Secara statistik, hasil penelitian menunjukkan bahwa ALB CPO bulan Januari – April  2016 tidak terkendali dan menunjukkan adanya masalah yang harus diperbaiki, sedangkan ALB CPO bulan Mei – Juni 2016 sudah menunjukkan perbaikan dimana menunjukkan kondisi yang stabil dan terkendali secara statistik. Kadar air CPO bulan Januari, April, Mei, dan Juni terkendali secara statistik dan menunjukkan kondisi sistem yang stabil (konsisten), tetapi kadar air CPO bulan Februari dan Maret tidak terkendali secara statistik. Kemudian, dibuat diagram sebab akibat yang berfungsi sebagai pedoman dalam perbaikan di masa mendatang.

Kata Kunci: Analisis, Pengendalian kualitas CPO (Crude Palm Oil) , diagram sebab-akibat,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.