PENGARUH STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERUSAHAAN KONVEKSI INDONESIA JERSEY MALANG The Effect of Work Stress and Work Environment on Employee Performance in Indonesia Jersey

Muhammad Rano Iqfarobbi Sutrisno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan stres kerja terhadap kinerja bagi karyawan pada Perusahaan Konveksi Indonesia Jersey Kota Malang. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang duperoleh melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder Perusahaan Konveksi Indonesia Jersey Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesisnya dilakukan dengan uji F dan uji t. Sebelum dilakukan analisis regresi linear berganda dan diuji hipotesisnya, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel stres kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja karyawan sedangkan lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan.

Variabel stres kerja dan lingkungan kerja juga secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F sebesar 47,240. Namun demikian, stres kerja yang berada pada tingkat rendah sampai sedang akan menciptakan kinerja karyawan yang baik dan akan memperburuk karyawan jika dalam tempo yang sangat lama dan berlebihan.

Kata Kunci : Stres kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.