PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP DISIPLIN KERJA ANGGOTA POLRES KEDIRI KOTA

Levinna Ulimas Purwanti

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan secara simultan dari gaya kepemimpinan demokratik, otokratik dan paternalistik terhadap disiplin kerja anggota Polres Kediri Kota 2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan secara parsial dari gaya kepemimpinan demokratik, otokratik dan paternalistik terhadap disiplin anggota Polres Kediri Kota 3) Untuk mengetahui diantara gaya kepemimpinan demokratik, otokratik dan paternalistik, variabel apakah yang berpengaruh dominan terhadap disiplin anggota Polres Kediri Kota.

Jenis penelitian dalam penyusunan skripsi  ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Adapun dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pegawai pada Polres Kediri Kota, yaitu sebanyak 181 pegawai dengan jumlah responden sebanyak 64 responden. Teknik pengumpulan sampel dalam peneltian ini adalah simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari gaya kepemimpinan demokratik, otokratik dan paternalistik terhadap disiplin kerja anggota Polres Kediri Kota 2) Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari gaya kepemimpinan demokratik, otokratik dan paternalistik terhadap disiplin anggota Polres Kediri Kota dan 3) Gaya kepemimpinan otokratik berpengaruh dominan terhadap disiplin anggota Polres Kediri Kota.

Kata Kunci: Gaya kepemimpinan demokratik, otokratik dan paternalistik dan disiplin kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.