PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAMERA DSLR CANON (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang )

Erik Maulana

Abstract


Fotografi merupakan bidang komunikasi visual yang banyak diminati di Indonesia bahkan dunia. Fenomena perkembangan dunia fotografi saat ini membuat kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) tidak hanya dimilik ioleh orang yang mempunyai hobi fotografi dan orang yang bekerjase bagai fotografer saja.

Tujuan penelitian ini untuk mngetahui pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian kemera DSLR Canon. Penelitian ini menggunakan 100 sampel yang diambil dari mahasiswa Universitas Brawijaya Malang yang pernah melakukan pembelian terhadap produk kamera DSLR Canon. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknikpurposive sampling. Metode analisis data yanbg digunakan  adalag analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 21.0 for Windows.

Berdaasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya pengaruh dari citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian kamera DSLR Canon. Variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan ppembelian dengan nilai 0,000. Variabel  kepercayaan merek juga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,009. Serta variabel citra merek dan kepercayaan merek secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan Fhitung 58,377 > Ftabel 3,090.

Kata Kunci : Citra Merek, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.