PENGARUH STRES KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI GRAPARI TELKOMSEL KOTA MALANG

Fathur Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari variabel stres kerja dan gaya kepemimpinan transformasional secara simultan maupun parsial,  serta untuk mengetahui variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan GraPari Telkomsel Kota Malang.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penjelasan) atau dikenal juga sebagai pengujian hipotesis untuk mengetahui tinggi rendahnya pengaruh variabel bebas Stres Kerja (X1) dan Gaya Kepemimpinan Transformasional (X2) terhadap variabel terikat kinerja karyawan (Y). Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 orang. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolineritas, dan uji heteroskedastisitas. Kemudian untuk pengujian hipotesis digunakan uji F, uji t, dan uji dominan.

Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel Stres Kerja (X1) dan Gaya Kepemimpinan Transformasional (X2) secara simultan dan parsial berpengaruh pada Kinerja Karyawan (Y). Dari kedua variabel bebas tersebut yang memiliki pengaruh dominan terhadap Kinerja Karyawan (Y) yaitu variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional (X2). Kemudian, dilihat dari nilai Adjusted R Square menunjukkan besarnya pengaruh antar variabel sebesar 0,423 yang berarti terdapat pengaruh antara variabel Stres Kerja (X1) dan Gaya Kepemimpinan Transformasional (X2) terhadap Kinerja Karyawan (Y) sebesar 42,3% sedangkan  sisanya 57,7% dijelaskan oleh variabel yang tidak terdeteksi dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Stres Kerja, Kepemimpinan, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kinerja, Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.