PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN REFERENCE GROUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Djati Lounge Malang)

Muhammad Zulrahman Akbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh store atmosphere dan reference group terhadap keputusan pembelian pada konsumen Djati Lounge Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling jenis purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala model Likert yang mengukur variabel independen (store atmosphere dan reference group) dan variabel dependen (keputusan pembelian). Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden yang pernah melakukan keputusan pembelian di Djati Lounge dengan minimal nominal transaksi sebesar Rp15.000.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere dan reference group berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada uji t diperoleh hasil store atmosphere (X1) dan reference group (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel store atmosphere dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini diketahui koefisien determinasi (adjusted R) sebesar 0,566 yang artinya bahwa 56,6% variabel Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel independen, yaitu store atmosphere dan reference grup. Sedangkan sisanya 43,4% variabel keputusan pembelian akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Store Atmosphere, Reference Group, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.