PENGARUH HARGA, LOKASI DAN FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN (Studi pada Objek Wisata Pantai Tiga Warna di Kabupaten Malang)

Bahrul Setiadi

Abstract


Sektor pariwisata di Indonesia memiliki potensi yang besar dan  perlu melakukan pengembangan. Kegiatan di bidang pariwisata diharapkan  memberikan kontribusi yang cukup besar pada perekonomian. Menetapkan harga terjangkau, lokasi strategis serta fasilitas wisata yang memadai akan mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi dan fasilitas wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Pantai Tiga Warna Kabupaten Malang.

Sampel pada penelitian ini sebanyak 150 reponden, dengan menggunakan metode non-probability sanpling dan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 21 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan dengan nilai signifikan 0,019. Variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai signifikan 0,002. Variabel fasilitas wisata berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan dengan nilai signifikan 0,000.

Kata Kunci : Harga, Lokasi, Fasilitas Wisata dan Keputusan Berkunjung


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.