PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG MALANG (Studi Kasus Pegawai Yang Bekerja Di BPJS Kesehatan Malang)

Muhammad Rizqan Rifaldy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja melalui motivasi sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang yang berjumlah 35 pegawai dengan menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan partisipatif  tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja. Namun variabel motivasi memiliki pengaruh terhadap kinerja dan variabel gaya kepemimpinan partisipatif juga memiliki pengaruh terhadap motivasi. Sedangkan dalam penelitian ini variabel gaya kepemimpinan partisipatif memiliki pengaruh terhadap kinerja melalui motivasi sebagai variabel mediasi. Dari hasil penelitian ini, sebaiknya pimpinan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai dalam perusahaan dan meningkatkan motivasi agar dapat lebih meningkatkan kinerja karyawan

Kata Kunci: gaya kepemimpinan partisipatif, motivasi dan kinerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.