PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MALANG
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan rumusan strategi pemasaran pariwisata yang sesuai untuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang atau yang disingkat Disparbud Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumen. Teknik perumusan strategi pemasaran menggunakan analisis faktor eksternal dan faktor internal yang disesuaikan dengan Visi, Misi dari Disparbud Kabupaten Malang serta memperhatikan tujuan dan sasaran pemasaran. Berdasarkan hasil analisis faktor eksternal dan internal diketahui bahwa Disparbud Kabupaten Malang berada pada posisi kuadran II, selanjutnya dilakukan analisis terhadap Visi, Misi, tujuan dan sasaran pemasaran. Hasil analisis menunjukkan strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah : strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk dan strategi integrasi ke belakang. Berdasarkan strategi pemasaran tersebut, maka terdapat beberapa langkah atau kegiatan untuk implementasi strategi pemasaran, yakni : pembuatan vlog untuk obyek wisata, membuat wisata tempo dulu di Kabupaten Malang, membuat sistem aduan online dan membuat blue print untuk sistem pelaporan pengelola wisata.
Kata Kunci : Pemasaran Pariwisata, Strategi, Tujuan dan Sasaran pemasaran,Visi dan Misi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.