PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MALANG

M. EDI SETIAWAN

Abstract


Penelitian  ini  dilakukan  dengan  tujuan  untuk  mendapatkan  rumusan  strategi pemasaran  pariwisata  yang  sesuai  untuk  Dinas  Pariwisata  dan  Kebudayaan Kabupaten  Malang  atau  yang  disingkat  Disparbud  Kabupaten  Malang.  Jenis penelitian  ini  adalah  kualitatif  deskriptif.  Penelitian  ini  menggunakan  teknik pengumpulan  data  dengan  cara  wawancara,  observasi  dan  dokumen.  Teknik perumusan  strategi  pemasaran  menggunakan  analisis  faktor  eksternal  dan  faktor internal yang disesuaikan dengan Visi, Misi dari Disparbud Kabupaten Malang serta memperhatikan  tujuan  dan  sasaran  pemasaran.  Berdasarkan  hasil  analisis  faktor eksternal  dan  internal  diketahui  bahwa  Disparbud  Kabupaten  Malang  berada  pada posisi  kuadran  II,  selanjutnya  dilakukan  analisis  terhadap  Visi,  Misi,  tujuan  dan sasaran  pemasaran.  Hasil  analisis  menunjukkan  strategi  pemasaran  yang  dapat diterapkan  adalah  :  strategi  penetrasi  pasar,  strategi  pengembangan  produk  dan strategi integrasi ke belakang. Berdasarkan strategi pemasaran tersebut, maka terdapat beberapa  langkah  atau  kegiatan  untuk  implementasi  strategi  pemasaran,  yakni  : pembuatan  vlog  untuk  obyek  wisata,  membuat  wisata  tempo  dulu  di  Kabupaten Malang,  membuat  sistem  aduan  online  dan  membuat  blue  print  untuk  sistem pelaporan pengelola wisata. 

Kata Kunci   : Pemasaran Pariwisata, Strategi, Tujuan dan   Sasaran pemasaran,Visi dan Misi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.