ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MANTAN TENAGA KERJA WANITA UNTUK BEKERJA KEMBALI KE LUAR NEGERI DAN PEMANFAATAN PENGGUNAAN REMITAN (Studi kasus di Desa Sumber Agung Kecamatan Sumber Manjing Wetan,Kabupaten Malang)

Nailal Huda Putranto

Abstract


Kemiskinan menjadi salah satu permasalahan yang terjadi di Negara Indonesia, dimana permasalahan ini terjadi dikarenakan kurangnya pendapatan sehingga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhannya, banyak tenaga kerja Indonesia memutuskan untuk bekerja ke luar negeri dikarenakan  tidak dapat bersaing dalam negeri.

Dipenelitian ini, akan membahas tentang minat mantan tenaga kerja wanita untuk bekerja kembali ke luar negeri, apakah umur, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan dan pendapatan suami   akan mempengaruhi secara signifikan  terhadap minat  tenaga kerja wanita untuk bekerja kembali keluar negeri. Selain itu penelitia ini akan membahas pemanfaatan remitan yang digunakan keluarga apakah dominan digunakan untuk kegiatan ekonomi yang bersifat konsumtif atau produktif. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif dimana penelitian ini menggunakan dua model alat analisis yaitu regresi logistic(Logistic Regression Model) dan table distribusi frekuensi.

Keywords: Mantan Tenaga Kerja Wanita, Minat Migrasi, Logistic Regression Model , Remitan,Distribusi Frekuensi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.