ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PRODUK KERAJINAN DAUR SAMPAH DI KOTA MALANG (STUDI PADA KONSUMEN MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA)

Hanik Nur Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor harga produk, selera konsumen, dan pendapatan mahasiswa terhadap perilaku konsumen mahasiswa Universitas Brawijaya dalam membeli produk kerajinan daur ulang sampah yang ada di Kota Malang. Sampah yang menjadi masalah utama di Indonesia karena jumlah penduduknya yang menempati urutan keempat didunia ini memiliki tingkat konsumsi yang tinggi sehingga sampah sisa dari aktifitas konsumsi menumpuk. Salah satu solusi cerdas adalah dengan melakukan daur ulang sampah tersebut dan menjadikannya produk yang unik sehingga menarik konsumen untuk membeli. Universitas Brawijaya yang merupakan salah satu perguruan tinggi terbesar di Indonesia dengan jumlah mahasiswa sekitar 60.000 mahasiswa ini menjadikan pangsa pasar yang cukup besar di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 100 orang yang sedang menempuh kuliah di Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan software SPSS 16 sebagai alat penguji data penelitian. Hasil analisis dengan menggunakan model ini menunjukkan bahwa faktor harga produk, selera konsumen, dan juga pendapatan mahasiswa berpengarh signifikan positif terhadap perilaku konsumen pada produk kerajinan daur ulang sampah yang ada di Kota Malang. 

Kata kunci: perilaku konsumen, selera konsumen, produk kerajinan, daur ulang sampah

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.