ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI NANAS “MADU KELUD” (Studi Kasus Pada Petani Nanas Madu Gunung Kelud Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri)

Ertha Devi Anugrah

Abstract


Pendapatan merupakan salah satu dasar dari setiap perilaku produsen. Selisih antara nilai penerimaan dan biaya produksi merupakan definisi sederhana dari pendapatan. Begitu pula yang berlaku bagi masyarakat petani nanas madu Gunung Kelud Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, yang memperhatikan nilai pendapatan ketika memutuskan untuk melakukan usahatani jenis nanas madu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor produksi terhadap pendapatan petani nanas madu kelud. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara serta menggunakan kuisioner kepada responden yakni 30 petani nanas madu kelud. Alat analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan Software Eviews 9.0Entreprise Edition.

Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang memiliki pengaruh signifikan positif terhadap pendapatan petani nanas madu kelud adalah luas lahan, biaya bibit, biaya pupuk. Sementara itu, faktor-faktor yang memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap pendapatan petani nanas madu kelud adalah usia petani dan tenaga kerja.  

Kata kunci: Pendapatan, Petani, Nanas Madu, Ngancar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.