ANALISIS PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING DAN JUMLAH UTANG LUAR NEGERI PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI TUJUH NEGARA ASEAN

Bonaventura Ivan Herlambang

Abstract


Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan semakin banyak jenis barang-barang ekonomi kepada penduduknya. Keberhasilan pembangunan suatu negara ditentukan berbagai faktor yang dimiliki masing-masing negara, yakni ketersediaan sumber daya baik sumber daya manusia dan sumber daya modal. Penelitian bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di enam negara ASEAN pada periode tahun 2001-2016. Jenis data yang  digunakan dalam penelitian ini adalah data panel (Pooled data). Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di enam negara ASEAN yakni, investasi asing langsung dan utang luar negeri. Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN dilakukan berbagai cara yakni, dengan meningkatkan jumlah inventasi asing dan meningkatkan pinjaman utang luar negeri. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel penanaman modal asing berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi di enam negara ASEAN  dan utang luar negeri berpengaruh positif terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi di enam negara ASEAN. 

Kata kunci : Pertumbuhan ekonomi (GDP), investasi asing langsung, dan  utang luar negeri.  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.