Determinan Permintaan Jasa Transportasi Online Go-Jek (Layanan Go-Ride) (Studi Kasus di Kota Administratif Jakarta Pusat)

Dimas Andaru

Abstract


Perkembangan ekonomi digital di Indonesia mengakibatkan beberapa kegiatan di sektor ekonomi mengalami disruptive.  Pada satu sisi, hadirnya disruptive ekonomi akan memberikan peluang bagi beberapa jenis industri baru ,seperti halnya jasa transportasi online Go-Jek. Disisi lain, hal tersebut memberikan dampak yang kurang menguntungkan bagi industri yang telah  lebih dulu ada, seperti halnya jasa transportasi konvensional jenis angkutan kota (angkot).  Sepak terjang dari Perusahaan Go-Jek tidak selalu berjalan mulus, bahkan seringkali diwarnai oleh pro dan kontra. Hingga, puncak dari kontra tersebut adalah menimbulkan sejumlah konflik besar yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Namun, pada saat yang sama pertumbuhan persentase jumlah permintaan layanan Go-Jek terus meningkat secara signifikan, hingga mencapai 20 juta pemesanan per Juni 2016 dan kini Perusahaan Go-Jek telah dinobatkan sebagai perusahaan digital dengan nilai valuasi terbesar di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi layanan jasa Go-Jek khususnya layanan Go-Ride, serta untuk melihat faktor-faktor apa saja yang berpengaruh secara dominan.

Analisis yang dilakukan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui  pengaruh variabel-variabel yang telah ditentukan. Pada hasil penelitian ini, terdapat hubungan positif untuk variabel pendapatan, tarif/biaya moda lain, kepuasan pelayanan, dan jumlah anggota keluarga terhadap permintaan jasa    Go-Jek. Sedangkan, untuk variabel tarif/biaya Go-Jek, kepemilikan kendaraan roda 2, dan kepemilikan kendaraan roda 4 memiliki hubungan negatif terhadap permintaan jasa Go-Jek. Keseluruhan variabel bebas dalam model ini memilki pengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap permintaan jasa Go-Jek.

Kata kunci: ekonomi digital, disruptive ekonomi, permintaan jasa Go-jek, regresi linier berganda.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.