ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Cibinong, Kabupaten Bogor)

Ega Adiyasa Nadipurnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor religiusitas, produk bank, pelayanan dan pengetahuan terhadap preferensi nasabah dalam memilih produk tabungan mudharabah di bank syariah. Penelitian ini menggunakan sampel 95 responden dari 1778 nasabah tahun 2017 di Bank Syariah Mandiri Cabang Cibinong, Kabupaten Bogor. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data di uji menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS 24.0. Serta untuk mengetahui pengaruh religiusitas, produk bank, pelayanan dan pengetahuan terhadap preferensi nasabah dalam memilih produk tabungan mudharabah di bank syariah digunakan analisis logistik dengan dibantu alat uji yaitu IBM SPSS 24.0, tetapi sebelum uji analisis logistik dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji multikolinearitas guna melihat bahwa tidak ada keterkaitan antara variabel bebas yang digunakan. Hasil analisis logistik menunjukkan bahwa faktor religiusitas, produk bank, pelayanan dan pengetahuan berpengaruh terhadap preferensi nasabah memilih produk tabungan mudharabah di bank syariah, tetapi terdapat salah satu faktor yaitu produk bank dimana ketika tingkat produk bank meningkat maka justru menurunkan preferensi nasabah dalam memilih produk tabungan mudharabah di Bank Syariah Mandiri Cibinong.

Kata Kunci : Perbankan Syariah, Preferensi Menabung, Religiusitas, Produk Bank, Pelayanan, Pengetahuan

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.