ANALISIS STRATEGI DISTRIBUSI (STUDI PADA DISTRIBUTOR PT. UNILEVER INDONESIA, TBK AREA KOTA BATU)

Reza Fahrizi Hernanta

Abstract


Dunia perekonomian secara global saat ini mengalami perkembangan serta peningkatan jumlah bisnis dengan sangat pesat dan menyebabkan persaingan didalam dunia bisnis semakin ketat. Menciptakan keunggulan kompetitif merupakan salah satu langkah yang dapat diambil oleh perusahaan. Mengidentifikasi dan membagi pasar ke dalam segmen yang berbeda-beda harus dilakukan karena adanya kebutuhan dan keinginan masyarakat yang beragam. Setelah mengidentifikasi segmentasi pasar, langkah berikutnya adalah memutuskan segmentasi mana yang akan memberikan peluang lebih besar dan segmen tersebut akan menjadi target pasar perusahaan. Kemudian perusahaan harus memposisikan diri kedalam segmen yang dituju untuk menciptakan citra merek yang berbeda dan unggul dibandingkan dengan pesaing. Perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif melalui proses distribusi yang dilakukan. Secara garis besar terdapat enam macam strategi distribusi yang dapat digunakan yaitu Strategi struktur saluran distribusi, strategi cakupan distribusi, strategi saluran distribusi berganda, strategi modifikasi saluran distribusi, strategi pengendalian saluran distribusi, strategi manajemen konflik dalam saluran distribusi. PT. Unilever Indonesia, Tbk melakukan kerja sama dengan CV. Aryanta Prima Distrindo Perkasa untuk mendirikan distributor PT. Unilever Indonesia, Tbk area Kota Batu pada tahun 2014.

Kata Kunci:      Strategi Distribusi, Strategi struktur saluran distribusi, Strategi Cakupan Distribusi, Strategi Saluran Distribusi Berganda, Strategi Pengendalian Saluran Distribusi, Strategi Manajemen Konflik dalam Saluran Distribusi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.