ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI UTAMA PADA PERUSAHAAN UD BERKAH COMPONENT INDONESIA

ELFA MEILINDA

Abstract


Bisnis exhaust system menjadi tren usaha yang menjanjikan dari dulu hingga saat ini dikarenakan banyaknya macam-macam jenis mobil kelas rendah hingga mobil kelas atas (super car), bahwa bertambah banyaknya jenis mobil yang ada saat ini akan menjadikan sebuah peluang industri bagi perusahaan knalpot untuk memberikan kualitas yang terbaik maka perusahaan mendapat citra nama yang baik di pandangan masyarakat.

Salah satu perusahaan exhaust system atau sistem pembuangan yang biasa disebut oleh orang Indonesia dengan kata knalpot adalah UD. Berkah Component Indonesia yang berdiri sejak tahun 1997 di Kota Sidoarjo Provinsi Jawa Timur.

Alat-alat analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini diambil berdasarkan tahapan penentuan strategi oleh Analisis SWOT menurut Fred R. David. Adapun tahapan tersebut terdiri dari SWOT m atrik, diagram SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan UD. Berkah Component Indonesia memiliki potensi yang besar untuk tumbuh dan berkembang, hal ini ditunjukkan oleh aspek peluang dan kekuatan yang dimiliki oleh UD.Berkah Component Indonesia. Matrik SWOT dan Diagram SWOT digunakan untuk penentuan strategi yang akan dilakukan. Hasil dari diagram SWOT terhadap UD. Berkah Component Indonesia maka strategi yang sesuai dengan perusahaan ini adalah strategi agresif.

Kata Kunci: SWOT, Strategi Utama, UD Berkah Component Indonesia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.