ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEEFEKTIFAN PENGENDALIAN INTERNAL, KESESUAIAN KOMPENSASI, DAN KETAATAN ATURAN AKUNTANSI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI (Studi Kasus pada Perusahaan BUMN di Kota Malang)

Vina Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor keefektifan pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, dan ketaatan aturan akuntansi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Objek penelitian ini adalah perusahaan BUMN di Kota Malang. Sebanyak 63 data berhasil dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keefektifan pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, dan ketaatan aturan akuntansi berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin efektif pengendalian internal, semakin sesuai kompensasi yang diberikan, dan semakin paham dan taat terhadap aturan akuntansi yang berlaku, maka tingkat kecenderungan kecurangan akuntansi yang terjadi akan semakin rendah.

Kata kunci:   Kecenderungan kecurangan akuntansi, keefektifan pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, ketaatan aturan akuntansi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.