ANALISIS PENERAPAN BAURAN PEMASARAN BERBASIS SYARIAH PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PT WIYATI DEVELOPER MANDIRI PADA PERUMAHAN SAMBIBULU REGENCY DI SIDOARJO)

Febrian Nurhidayat SE

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti Analisis penerapan Bauran Pemasaran Berbasis Syariah (Studi Pada PT Wiyati Developer Mandiri  Pada Perumahan  Sambibulu  Regency Di  Sidoarjo).  Fokus penelitian ini menjelaskan efektifitas bauran pemasaran syariah dengan peningkatan pada keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui  berbagai  jenis  penerapan  strategi  marketing mix  yang terdiri  dari penentuan lokasi, biaya,/harga,  promosi, produk yang dilakukan oleh PT Wiyati Developer Mandiri pada perumahan sambibulu regency berdasarkan prinsip syariah

 

Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan  metode  studi kasus, data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan Direktur, Manager, Marketing dan konsumen PT Wiyati Developer Mandiri. Pengamatan langsung terhadap objek dilapangan dan melakukan dokumentasi dengan mengkaji laporan penjualan pada perumahan sambibulu regency yang ditinjau dari prinsip syariah.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa efektifitas bauran pemasaran berbasis syariah yang dilakukan PT Wiyati Developer Mandiri sudah cukup baik karena penerapannya dianggap tidak terlalu sulit dan sangat diterima oleh kalangan masyarakat. Prinsip syariah yang diterapkan oleh PT Wiyati Developer Mandiri dianggap sangat membantu perekonomian mereka karena didalamnya menerapkan sistem tanpa akad bermasalah, tanpa  denda, tanpa riba, dan tanpa sita yang akan menjadi insentif ketika pembeli kesulitan dalam melakukan pembayaran cicilan.

 

Kata kunci : Efektifitas, Bauran Pemasaran, Dan Basis Syariah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.