PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN JAMINAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi Pada Perusahaan Yang Mengelurkan Obligasi dan Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

YAHYA ADI PUTRA

Abstract


Perusahaan dapat memperoleh sumber pembiayaan dengan menerbitkan saham dan obligasi. Obligasi adalah surat berharga yang berisi kontrak antara pemodal dan emiten. Namun, terdapat risiko gagal bayar dalam berinvestasi obligasi. Risiko ini dapat dihindari dengan melihat peringkat obligasi.Peringkat obligasi dipengaruhi oleh faktor kuantitatif dan kualitatif.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh rasio profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, ukuran perusahaan dan jaminan terhadap peringkat obligasi di perusahaan yang mengeluarkan obligasi dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan maksud menjelaskan hubungan antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis.Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan yang mengeluarkan obligasi selama periode pengamatan yaitu tahun 2013-2017sebanyak 15 perusahaan.Dan didapatkan sebanyak 15 sampel perusahaan berdasarkan sampling jenuh.Model analisis yang digunakan adalah model regresi logistik.

Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa variabel rasio profitabilitas, ukuran perusahaan dan jaminan berpengaruh tidak signifikan terhadap peringkat obligasi yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkat obligasi PT Pefindo.Sedangkan variabel rasio likuiditas yang diproksikan dengan current ratio dan rasio solvabilitas yang diproksikan dengan debt to equity ratio berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkat obligasi PT Pefindo.

 

Kata kunci:Peringkat Obligasi, Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Jaminan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.