Analisis Faktor Motivasi dalam Skop Internal, Eksternal dan Atribut Islam Studi Wisatawan Muslim di Lombok, Nusa Tenggara Barat

Authors

  • Muharar Al Jauzi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor motivasi dominan dari variabel faktor internal, faktor eksternal dan atribut Islam pada wisatawan Muslim yang berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Penilitian ini dilakukan kepada 100 responden wisatawan Muslim yang pernah berkunjung ke Lombok antara tahun 2015-2018. Alat analisis yang digunakan adalah explanatory factor analysis (EFA) untuk mengelompokkan item dari faktor internal, faktor eksternal dan atribut Islam. Dalam penelitian ini SPSS 19.0 digunakan sebagai alat untuk melakukan analisis. Hasil penelitian ini didaptkan yaitu 22 item pernyataan faktor internal didapatkan enam faktor baru yang dominan. Selanjutnya, dari 24 item pernyataan faktor eksternal didapatkan lima faktor baru yang dominan dan dari 17 item pernyataan atribut Islam ditemukan tiga faktor dominan. Faktor baru yang terbentuk merupakan pengelompokan item-item awal pada setiap variabel. Dengan adanya penelit ian ini, pemerintah dan stakeholder pariwisata halal di Lombok dapat memperhatikan faktor-faktor dominan dalam variabel faktor internal, eksternal dan atribut Islam sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan Muslim.

Kata kunci: Atribut Islam, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Pariwisata Halal, Lombok

Downloads

Published

2018-05-24

Issue

Section

S1 EKONOMI ISLAM