PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Perusahaan Pertambangan dan Penggalian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013- 2015)

Sripamesti Putri SE

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  pengaruh  kinerja  keuangan  dan  pengungkapan corporate  social  responsibility  terhadap  return  saham  pada  perusahaan  pertambangan  dan penggalian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Penelitian ini merupakan penelitian  kuantitatif  dengan  jenis  penelitian  explanatori  yang  menjelaskan  hubungan  atau pengaruh  antar  variabel.    Penelitian  ini  menggunakan  data  sekunder  yang  dikumpulkan  dari laporan tahunan perusahaan  yang terdaftar pada bursa efek indonesia dan laporan keberlanjutan pada  website  perusahaan.  Sampel  dalam  penelitian  ini  terdiri  dari  10  perusahaan  pertambangan dan penggalian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dengan  menggunkan  metode  purposive  sampling.  Pengujian  hipotesis  yang  diajukan  dengan menggunakan analisis regresi berganda. 

Variabel  independen  pada  penelitian  ini  adalah  kinerja  keuangan  yang  dihitung  dengan  Net Profit  Margin  (NPM),  Return  On  Asset  (ROA),  Return  On  Equity  (ROE),  Earning  Per  Share (EPS), dan Price Earning Ratio (PER)  dan variabel pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah return saham. Penelitian ini memperoleh hasil  bahwa  terdapat  pengaruh  tidak  signifikan  NPM,  ROA,  dan  EPS  terhadap  return  saham. Terdapat pengaruh signifikan ROE dan PER terhadap return saham. Pengungkapan CSR memiliki pengaruh  signifikan  terhadap  return  saham.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  investor  harus  lebih memperhatikan  ROE,  PER,  dan  Pengungkapan  CSR  karena  memberikan  pengaruh  signifikan terhadap return saham. 

 Kata Kunci:  Kinerja Keuangan, Pengungkapan CSR, Return Saham. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.