ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS PADA ALOKASI BELANJA MODAL TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (Studi Pada 38 Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2010-2016)

Arisna Salsabillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) pada alokasi Belanja Modal (BM) terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) studi pada 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2010-2016. Penelitian ini memoderasi variabel PAD, DAU, dan DAK dengan menggunakan variabel  interaksi yakni Belanja Modal (BM) terhadap PDRB. Variabel independen lainnya yang digunakan sebagai variabel kontrol yang mempengaruhi PDRB ialah Tenaga Kerja (TK) dan Investasi (INV). Sedangkan, variabel dependennya adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Berdasarkan Tujuan tersebut maka, metode analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis menggunakan data panel dengan pendekatan Random Effect Model (REM). Hasil empiris penelitian ini menunjukkan bahwa pada alpha 5 persen  variabel yang diinteraksikan dengan Belanja Modal (BM) yakni Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) memiliki pengaruh signifikan dengan arah positif terhadap PDRB. Kemudian variabel Tenaga Kerja (TK) dan Investasi (INV) juga memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) pada 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur.

Kata Kunci : Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Belanja Modal, Produk Domestik Regional Bruto

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.