STRATEGI PENGEMBANGAN PERUSAHAAN BARU (Studi Pada Akina Konveksi Malang)

NANDA FAHRIZAL NORWAHYUD

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan pada Akina Konveksi Malang sebagai perusahaan baru berdasarkan analisis lingkungan dan isu-isu strategik yang secara umum menjadi pertimbangan utama dalam perumusan strategi pengembangan suatu usaha baru. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teknik analisis data sebagai alat untuk merumuskan strategi pengembangan dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahap masukan (input) terdiri dari matriks IFE, matriks EFE, dan competitive profile matrix (CPM), tahap pencocokan (matching) terdiri dari matriks SWOT, matriks SPACE, dan matriks IE, dan tahap keputusan (decision) terdiri dari quantitative strategies planning matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penetrasi pasar merupakan strategi yang tepat untuk diterapkan oleh Akina Konveksi Malang. Sebagai perusahaan baru strategi ini merupakan strategi pengembangan bisnis dengan inisiatif memperluas basis pelanggan untuk produk dan layanan dalam ruang pasar tertentu.

 

Kata Kunci:  Strategi   Pengembangan,   Lingkungan   Internal,   Lingkungan Eksternal, Akina Konveksi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.