PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN TOKO BUKU TOGAMAS KOTA MALANG
Abstract
Kota Malang memiliki puluhan perguruan tinggi dan ratusan sekolah. Karena  tingginya permintaan untuk buku, hal itu yang membuat banyak bermunculan toko buku di kota Malang. Store atmosphere bisa menjadi salah satu alternatif untuk membedakan toko buku yang satu dengan toko buku yang lainnya, store atmosphere juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi terhadap keputusan pembelian konsumen. Salah satu toko buku terbesar di kota Malang adalah Togamas, toko buku Togamas kota Malang mengusung konsep discount store dengan menawarkan harga buku yang lebih murah dari toko buku modern pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere (exterior, interior, store layout, dan display interior) terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko buku Togamas kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode non probality sampling dengan menggunakan purposive sampling. Alat uji yang digunaan untuk menguji instrument pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Data analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere (exterior, interior, store layout, interior dispay) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko buku Togamas kota Malang.
Â
Â
Kata Kunci: toko buku, store atmosphere, keputusan pembelian.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).