PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN TOKO BUKU TOGAMAS KOTA MALANG

Authors

  • NURUL HUDA ADRI

Abstract

Kota Malang memiliki puluhan perguruan tinggi dan ratusan sekolah. Karena  tingginya permintaan untuk buku, hal itu yang membuat banyak bermunculan toko buku di kota Malang. Store atmosphere bisa menjadi salah satu alternatif untuk membedakan toko buku yang satu dengan toko buku yang lainnya, store atmosphere juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi terhadap keputusan pembelian konsumen. Salah satu toko buku terbesar di kota Malang adalah Togamas, toko buku Togamas kota Malang mengusung konsep discount store dengan menawarkan harga buku yang lebih murah dari toko buku modern pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere (exterior, interior, store layout, dan display interior) terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko buku Togamas kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode non probality sampling dengan menggunakan purposive sampling. Alat uji yang digunaan untuk menguji instrument pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Data analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere (exterior, interior, store layout, interior dispay) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko buku Togamas kota Malang.

 

 

Kata Kunci: toko buku, store atmosphere, keputusan pembelian.

Downloads

Published

2018-06-28

Issue

Section

S1 MANAJEMEN