IDENTIFIKASI PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN UMKM BATIK (STUDI PADA UMKM BATIK BANYUWANGI)

Enggal Mukti Rizky Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan yang diterapkan oleh UMKM batik di Kabupaten Banyuwangi melalui pendekatan modal sosial. Penelitian ini menggunakan metodologi serta pengumpulan data melalui metode wawancara semi-terstruktur dan pengamatan yang dilakukan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya aspek kepercayaan, jaringan sosial, dan norma yang membantu dalam pengembangan UMKM batik Banyuwangi. Pengembangan UMKM batik tersebut dilakukan dengan meningkatkan kepercayaan antar pengerajin batik, yang berdampak terhadap rendahnya tingkat persaingan usaha karena terjalin kerjasama atau kolaborasi antar pengerajin batik. Selain itu dengan memanfaatkan jaringan sosial para pengerajin batik meningkatkan keberlangsungan usahanya melalui pembentukan relasi yang dibuat. Serta menciptakan keadaan yang harmonis melalui penerapan aturan yang harus dipatuhi
seluruh anggota asosiasi.  

Kata kunci: Pengembangan UMKM, Modal Sosial, Pembangunan Ekonomi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.