PENGARUH VALUE CREATION TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Industri Perbankan Indonesia yang Listing di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh value creation terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan pada industri perbankan Indonesia yang listing di Bursa
Efek Indonesia pada periode 2014-2016. Value creation diukur dengan Value Added Intellectual Coefficient (VAIC). Kinerja keuangan diukur dengan Return on Assets (ROA), sedangkan nilai perusahaan diukur dengan Market to Book Value (M/B). Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah 14 perusahaan perbankan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian
ini adalah regresi linier sederhana.
Hasil penelitian membuktikan bahwa value creation berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan industri perbankan Indonesia. Hal
tersebut berarti bahwa peningkatan value creation dapat memberikan manfaat bagi
perusahaan dan menjadi elemen potensial dalam meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pasar memberikan nilai perusahaan
lebih tinggi ketika perusahaan memiliki kemampuan value creation yang lebih tinggi.
Kata kunci : value creation, kinerja keuangan, nilai perusahaan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.