PENGARUH VALUE CREATION TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Industri Perbankan Indonesia yang Listing di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016)

NERISSA ARVIANA HANIFATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh value creation terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan pada industri perbankan Indonesia yang listing di Bursa

Efek Indonesia pada periode 2014-2016. Value creation diukur dengan Value Added Intellectual  Coefficient  (VAIC).  Kinerja  keuangan  diukur  dengan  Return  on  Assets (ROA), sedangkan nilai perusahaan diukur dengan Market to Book Value (M/B). Sampel

yang digunakan dalam penelitian ini adalah 14 perusahaan perbankan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian

ini adalah regresi linier sederhana.

Hasil penelitian membuktikan bahwa value creation berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan industri perbankan Indonesia. Hal

tersebut  berarti  bahwa  peningkatan  value  creation  dapat  memberikan  manfaat  bagi

perusahaan dan menjadi elemen potensial dalam meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pasar memberikan nilai perusahaan

lebih tinggi ketika perusahaan memiliki kemampuan value creation yang lebih tinggi.

 

Kata kunci : value creation, kinerja keuangan, nilai perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.