PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), PRICE TO BOOK VALUE (PBV) DAN VOLUME PERDAGANGAN TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI PADA HARGA SAHAM LQ-45 DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2014-2016)

DHELLA SAFIRA KUSUMANINGTYAS SUWARDUKI

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Earning Per Share (EPS), Price to Book Value (PBV), dan  volume perdagangan terhadap harga saham dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di indek LQ-45 Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016 dengan jumlah 33 emiten. Hasil uji parsial dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Earning Per Share (EPS) secara parsial berpengaruh positif terhadap harga saham; 2) Price to Book Value (PBV) secara parsial berpengaruh positif  terhadap harga saham; 3) Volume perdagangan secara parsial berpengaruh negatif terhadap harga saham. Hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel independen yaitu Earning Per Share (EPS), Price to Book Value (PBV), dan  volume perdagangan secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap harga saham. Hasil uji koefisien determinasi R 2
 sebesar 87,7% menunjukkan bahwa varian dari harga saham yang dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen sedangkan sisanya sebesar 12,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai perangkat analisis praktis bagi investor dalam melakukan perdagangan saham.
 
Kata kunci: Earning Per Share (EPS), Price to Book Value (PBV), Volume
Perdagangan, Harga Saham.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.