ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS, DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI KOTA MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola hubungan denganmengetahui pengaruh langsung motivasi konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Malang. Penelitian ini disajikan secara deskriptif mengacu pada teori yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (motivasi konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji f dan uji t. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 konsumen yang menggunakan sepeda motor merek Honda di Kota Malang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, disebut juga judgement sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, menunjukkan bahwa secara simultan variabel motivasi konsumen (X1), persepsi kualitas (X2), dan sikap konsumen (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,727 (72,7%). Sedangkan secara parsial, variabel motivasi konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian yaitu variabel persepsi kualitas (X2). Manfaat dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dan sebagai dasar oleh Honda untuk merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif. Dengan acuan serta dasar yang kuat dalam perumusan strategi pemasaran, Honda dapat meningkatkan profit penjualan produknya sehingga tetap menjadi market leader industri otomotif di Indonesia. Â
Kata kunci: Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Sikap Konsumen,
Keputusan Pembelian, Sepeda Motor Honda, Kota Malang
Downloads
Issue
Section
S1 MANAJEMEN
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).