PENGARUH DIMENSI GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Pada Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

ANITA MEIDRYASTUTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan pada sektor perbankan yang terdaftar di Bursa  Efek  Indonesia  periode  tahun  2012  – 2016.  Indikator  good  corporate

governance yang digunakan dalam penelitian ini ialah proporsi dewan komisaris

independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan komite audit. Sedangkan kinerja keuangan perusahaan diukur dengan Return on Asset. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sehingga didapatkan sampel sebanyak 7 bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel tersebut akan diolah dan dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi dewan komisaris independen dan komite audit  memiliki  pengaruh negatif dan  tidak  signifikan  terhadap  kinerja keuangan perusahaan, sedangkan kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan.


Kata   Kunci:   Good   Corporate   Governance,   Proporsi   Dewan   Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.