PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016)

Putri Maulida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan pengungkapan Corporate Social Responibility (CSR) baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan profitabilitas sebagai variabel intervening. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 perusahaan sub sektor bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2013 sampai 2016 dengan jumlah total obervasi 32. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Model analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Analisis jalur dan uji sobel dilakukan untuk menguji efek mediasi variabel intervening dalam model penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap profitabilitas, sedangkan GCG tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Hasil penelitian lainnya yaitu GCG dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas memediasi secara penuh hubungan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan. Sebaliknya, profitabilitas tidak memediasi pengaruh GCG terhadap nilai perusahaan.

Kata kunci: Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibilty,
Profitability, Corporate Value


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.