Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Indeks Pembangunan Manusia, Dan Tingkat Pengagguran Terbuka Terhadap Kemiskinan (Studi Kasus Di Jawa Timur 2010-2016)

Argya Sayogi Mahapurusa

Abstract


Kemiskinan merupakan masalah yang kompleks, maka dari itu upaya menekan dan menuntaskan kemiskinan mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat yang harus dilakukan secara bersama-sama agar mendapatkan hasil yang optimal. Produk Domestik Regional Broto (PDRB) merupakan salah satu dari beberapa hal yang mempengaruhi kemiskinan. Meningkatnya PDRB  dapat mengurangi tingkat kemiskinan yang ada.  Bukan hanya PDRB yang dapat menurunkan tingkat kemiskinan namun ada juga berbagai faktor yang dapat mengurangi kemiskinan yaitu kesehatan serta pendidikan yang termasuk dalam indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM),  IPM merupakan cerminan dari kualitas sumber daya manusia. Dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) merupakan salah satu masalah yang berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah kemiskinan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh PDRB, IPM, dan TPT sebagai variabel independen, dan Kemiskinan sebagai variabel dependennya.  Jenis penelelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, dengan menganalisis data panel  menggunakan metode regresi data panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa PDRB dan TPT berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kemiskinan, sedangkan IPM berpengaruh negatif tapi signifikan terhadap kemiskinan di Jawa Timur.

Kata kunci : Kemiskinan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.