PENGARUH SUKU BUNGA SERTIFIKAT BANK INDONESIA (SBI) TERHADAP SUKU BUNGA DEPOSITO DAN DANA DEPOSITO BANK UMUM INDONESIA TAHUN 2003 – 2012

Ratna Damayanti

Abstract


Adanya hubungan antara suku bunga Sertifikat Bank Indonesia,suku bunga deposito, dan dana deposito. Dimana dana merupakan salah satu indikator pentingbagi perbankan dalam menjalankan fungsi intermediasi. Dan peran perbankan saat ini sangat diperlukan untuk proses pertumbuhan ekonomi suatu negara. Selain menjalani fungsi intermediasi sebagai fungsi yang utama, bank juga berfungsi sebagai media dalam mentransmisikan kebijakan moneter.  Perekonomian secara keseluruhan akan memperoleh manfaat dari keberadaan suatu bank. Perekonomian mendapat manfaat berupa mekanisme alokasi sumber-sumber dana secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah suku bunga Sertifikat Bank Indonesia dan suku bunga deposito berpengaruh terhadap dana deposito. Dengan menggunakan metode TSLS (Two Stage Least Square), sehingga dapat menjawab rumusan masalah pada penelitian.

Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa suku bunga Sertifikat Bank Indonesia berpengaruh positif terhadap suku bunga deposito. Hal ini berlaku juga untuk uji selanjutnya yaitu uji antara variabel suku bunga deposito dan dan deposito, dimana dalam pengujian tersebut bisa di lihat bahwa suku bunga deposito berpengaruh positif terhada dana deposito perbankan. Dan, untuk persamaan yang ketiga terjadi perbedaan yaitu pengaruh variabel suku bunga Sertifikat Bank Indonesia berpengaruh negative terhahap dana deposito. Namun, dari hasil uji t-statistic dan F-statistic variabel suku bunga Sertifikat Bank Indonesia dan suku bunga deposito berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap dana deposito.

Kata kunci: Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia, Suku bunga deposito, dana deposito, TSLS (Two Stage Least Square)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.